Istilah Katedral dan Artinya


Katedral yang berasal dari bahasa Latin cathedra atau bahasa Yunani Kathedra yang berarti tahta atau kursi, dan dalam tradisi gerejani dikaitkan dengan kuasa atau simbol utama dari suatu kuasa. Katedral adalah Kursi Resmi atau Tahta di dalam Gereja yang merupakan simbol kehadiran uskup di tengah umat, kuasa uskup dalam memimpin, mengajar dan membimbing umat yang dipercayakan kepadanya.
Gereja Santa Maria ditetapkan sebagai Gereja Katedral karena menjadi gereja dimana bapa uskup tinggal atau berada. Dengan demikian Gereja Katedral Santa Maria menjadi ibu atau induk dari gereja-gereja yang ada diseluruh keuskupan Agung Palembang yang dipimpin oleh uskup, baik yang sudah dibangun maupun yang akan dibangun kemudian. Bahkan Gereja Katedral Santa Maria menjadi bagian dari hidup, iman dan ibadat umat paroki dan seluruh umat keuskupan Agung Palembang. Gereja Katedral Santa Maria merupakan pusat kehidupan dan doa gereja lokal sekaligus tanda dan simbol dari harapan paling dalam dari seluruh umat keuskupan Agung Palembang yang sedang mengarahkan hidup menuju Yerusalem Sorgawi.
Gereja Katedral Santa Maria dipersembahkan kepada Bunda Maria sebagai pelindungnya. Maria adalah orang Kristen yang sempurna. Keibuan rohaninya atas semua umat kristiani tercermin dalam seluruh relasinya dengan gereja dan dunia, dan usahanya menjadikan umat menjadi keluarga penuh kasih berkat kesatuannya dengan Yesus Kristus. Nama Maria dipilih sebagai pelindung gereja katedral karena mempunyai makna yang dalam. Maria yang telah dipilih Allah dan diserahkan kepada para murid juga diserahkan kepada kita sebagai ibu oleh Yesus dari atas salib di puncak Golgota dengan berkata,” Inilah Ibumu
Sumber : Sekretariat DPP Katedral Santa Maria Palembang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTRET GEREJA KATOLIK SANTA MARIA TUGUMULYO

Para Imam yang Pernah Berkarya di Paroki Katedral Santa Maria

Sejarah singkat gereja